Posted by : Ayye Arifin Wednesday, October 14, 2015

Trip kali ini gue mau mengunjungi tempat yang masih tersembunyi yang berada di Bandung Barat.

Bersama para pemuda kurang piknik yang beranggotakan urang,maneh ,anjeun, silaing, sia , anda, kamu, udah segitu hahhhaa.  Kita berangkat jam 7 pagi dari kota bandung yah walaupun janjian jam 6 pagi, gue udh bisa prediksi bakalan ngaret,  but its not matter  and letss go menuju padalarang . Pagi ini gue belum sarapan (emang gue pikirin) .. Semoga aja gak salatri. Bismillah..

Tempat yang mau gue kunjungi kali ini adalah sebuah (maybe) Danau Kecil yang lokasinya dekat dengan PLTA Saguling , Cipatat , Kab.Bandung Barat Namanya Sanghyang  Heuleut. Karena kita semua gak ada yang tau tempatnya dimana , oleh karena itu pas di daerah cipatat gue nanya kepada seorang bapak2 ... kira2 begini percakapannya . “maaf pak mau tanya, kalau ke Power House lewat mana yah??” (gue nanya “Power House” karena patokan pertama kami adalah Power House) alhasil si bapak tersebut kebingungan karena entah gue ngomongnya sok inggris atau emang si bapak tsb tidak tau, hahah.. akhirnya si novi menambahkan pertanyaan tsb dengan “tau PLTA saguling pak?” , si bapak langsung menjawab dengan gagah berani bak pejuang pada masa penjahahan “disana a, lurus aja nanti juga ada plangnya”. Hahaha emang guenya aja kali yang bego, gue gak tau kalau Power House ada embel2 PLTA saguling , dasar norak , udik ahh sabodo lah .. thx before yah pak ..

Sekitar satu jam perjalanan akhirnya kami sampe juga di Kawasan PLTA saguling , saat akan memasuki kawasan PLTA saguling nanti kalian akan melewati pos , lalu ada satpam yang akan menghampiri/membuka portal, kalian tinggal bilang saja mau ke Sanghyang Heuleut nanti dengan ramah, rendah hati dan tidak sombong satpam tersebut bakalan nunjukin arahnya kok. Ohh yah jalanan di kawasan PLTA saguling tidak begitu rata, jadi harus hati2 yah .. keep kalm and slow down . 
Sekitar 15 menit dari pos pertama akhirnya kita sampe juga di Power House, yang dimana daerah sekitaran Power House sendiri menjadi tempat parkir sekaligus point menuju Sanghyang Heuleut. Setelah memarkirkan motor yang waktu itu emang sudah ada beberapa motor yang sudah parkir, akhirnya kami begegas menuju Sanghyang Heuleut.  Awalnya kami melewati jalan setapak sekitar  1kman.
Jalan setapak menuju aliran sungai
Nah setelah melewati jalan setapak dan Sanghyang Poek, nanti kalian akan bertemu aliran sungai yang banyak bebatuan besarnya . wait.....  Apa itu Sanghyang Poek?? Waktu gue masuk sih cuman goa yang ujungnya saling terhubung dengan jalan setapak yang kami lewatin. *boleeh di cobaa yah jika kalian kesana 
Sanghyang Poek
Disinilah Awal Mula Perjuang Menuju Sanghyang Heuleut
Nah dari sini perjalanan akan sedikit lebih berat dari sebelumnya, kalian akan menyusuri sungai  hingga menuju ke Sanghyang Heuleut,  kira kira jaraknya 3km , hahah ini hasil dari pengalaman gue yah. karena ukuran setiap orang itu beda2 , tapi gak ada salahnya buat jadi patokan .. heheheh 

Waktu itu kami melewati aliran sungai yang memiliki batuan besar nan terjal, , pokoknya rempong amat jalannya  musti slow down and keep kalm, tapi view nya keren abis, bukit2 yang menghimpit aliran sungai menjadi nilai plus tersendiri bagi orang yang doyan selfie dan jeprat jepret. Hehehe. Oh yah, disepanjang jalan menuju Sanghyang Heuleut tidak ada penjual Mizone , Aqua dan Popmie. So, bawa sendiri perbekalanmu yah, dari pada kayak gue dehidrasi karena kekurangan cinta... *eehhh becanda hehehe
Jalannya Bebatuan, Licin dan Basah
Satu point penting, karena gue suka mengkomentari kaum wanita “JANGAN GUNAKAN HIGH HEELS DAN BEDAK BERLEBIHAN” untuk high heels jelas bukan pada tempatnya, sedangkan untuk bedak gue jamin bakalan luntur oleh keringet loe.  Nah untuk lelaki jantan “JANGAN BUANG PUNTUNG ROKOK SEMBARANG YAH KAKA, SAYANGI ALAM KAKA PLEASE, NANTI ALAMNYA MARAH GIMANA HAYOH?”.

Pemandangan Ketika Kalian Menyusuri Sungai Sanghyang Heuleut
Backpacker Ke Sanghyang Heuleut

Lets Your Adventure Sanghyang Heuleut


Setelah berjung bersikeras melewati ringtangan seperti yang ada di acara (benteng takeshi) akhirnya gue dan temen2 gue sampe juga di Sanghyang Heuleut, perjalanan yang lumayan melelahkan sekitar 1jam an apalagi perut gue keroncongan hanya sarapan dengan angin di jalan .. #miriss  but this is enjoy trip yeahh..
Sanghyang Heuleut
Lelah dari perjalanan akan terbayar tuntas oleh panorama Sanghyang Heuleut heheh. menurut gue yang membuat eksotis tempat ini adalah danau hijau yang dihimpit oleh bukit2 tinggi ditambah tebing bebatuan cantik yang menyelimuti danau kecil tersebut .. cmiwww

Tak mau membuang kesempatan gue, novi, adi dan tio langsung nyemplung ke dalam danau sisanya diem di pinggir danau,  yah walau gue gak bisa ngambang , gue hanya diem pake ban donat yang gue bawa dari rumah , hahaha ..  si adi yang notabene jago renang langsung asik berenang kesana kemari , ohh yah dia juga memberanikan diri loncat dari tebing dengan ketinggian sekitar -+10 meter.. applaus lah buat si adi yang bikin gue envy hahaha ..  next time kalau udh bisa ngambang gue pasti nyoba terjun yak !!
Have Fun Your Trip (Sanghyang Heuleut)

Baru Keluar Dari Persembunyian Ceritanyah
Enjoy Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut ini memiliki kedalaman yang lumayan dalam dan tidak rata, jadi kalau kalian yang gak bisa berenang jangan coba2 berenang tanpa di dampingi pacar, atau mantan kalian yak . hahahha. .. jika musim hujan sendiri sepertinya untuk mencapai lokasi Sanghyang Heuleut ini sedikit sulit dan bisa jadi ditutup karena debit airnya yang besar, (musim kemarau aja kedalaman bisa mencapai 4 meter untuk daerah tertentu)...
Narsis Dikit gapapa kali yah?? hehhehe *pisss
Setelah Puas bermain Air kami pun sebenarnya malas pulang karena mengingat akses jalannya yang musti oper sendi2 lutut, hahaha. tapi apa boleh buat karena takut kesorean dan kemaleman kami pun begegas untuk kembali ke parkiran motor. Pada saat perjalanan pulang stock air yang sudah mulai menipis , membuat kami sedikit lebih banyak istirahat. Nah gue sendiri sih udh dehidrasi dari tadi, entah deh dengan yang lainnya... setelah sampe beberapa ratus meter menuju jalan pulang kami pun menemukan jalan setapak pinggir sungai, ahhhhhhh “kamvrett moment” , tau ada jalan setapak gue lewat aja jalan setapak dari berangkat tadi . disitu kadang saya ingin tertawa terbahak-bahak.  hahahah. jadi untuk menuju Sanghyang Heuleut ini ada 2 jalan yang bisa kalian lewati sebenernya. Dengan cara lewat jalan setapak pinggir sungai ataupun jalan mengikuti aliran sungai .  you know lah pasti jalan mana yang paling menguras sendi lutut .. hahahha

Jika kalian melewati aliran sungai pasti kalian gakan ada hentinya ngeluarin gadget kalian buat foto2, karena emang viewnya bagus buat jeprat jepret hehhe .. oh yah satu lagi, kalau mau ke Sanghyang Heuleut bawa persediaan logistik sebanyak banyaknya . karena gak ada yang jual air ataupun makanan selama perjalanan. untuk tiket masuknya belum ada, hanya dikenakan biaya parkir sebesar 5rb saja.. Ayo Backpacker ke Sanghyang Heuleut.

Jangan Tinggalkan apapun selain jejak yah , walapun sampah kecil bawa pulang bekas sobekan cikipun bawa pulang !! *muka galak = bibir monyong , alis mengkerut, mata sinis, hidung ngembang tapi mata dengan kedipan manja . haahahay

Selamat Berpiknik  



























{ 20 comments... read them below or Comment }

  1. Perjuangannya puoolll buat kesini, but let's have fun...
    Semuanya asiik hihii yg kurang cuman air minum hhe
    Nite kakak muuaaahhh tft

    ReplyDelete
  2. Ajibn gan, syngny tmpt tinggal ane jauh gan :3
    Tpi bsa di jdikan referensi buat jln", klo ke bandung :D

    ReplyDelete
  3. wah keren bangeet gan baru tau ane gan ada tempat kaya gitu dibandung

    ReplyDelete
  4. kerennn aq dr purwakarta pgn nyoba kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo langsung ajak temen, pacar dan mantan nguehehehe

      Delete
  5. kerennnnn..patut d coba . . urg purwakarta biar kekinian ...haha

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. gak teh.. masih gratis. cuman parkir motor aja 5rb :)

      Delete
  7. Boleh ngecamp ga a?

    ReplyDelete
  8. lokasi'y ada d'gps g kang?? hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya belum deh gan.. tpi klo mw pake gpss coba arahin ke "sanghyang tikoro" aja gan.. sama aja kok gan.. soalnya tempat parkir sanghyang tikoro sama sanghyang heueleut bersebalahan... nanti pas ketemu tulisan "tempat parkir sanghyang tikoro" agan maju sekitar 200meter sampe nemu power house , nah nanti ada area parkir kok gan... dari tempat parkir menuju sanghyang heuleut musti jalan lewatin hutan sama menyusuri sungai... seru kok gan... kalau bisa datenglah sepagi mungkin biar masih sepi hihihihi..... *jangan lupa bawa air mineral yg banyak yahhh hahaha

      Delete

INSTRAGRAM ON AYYEARIFIN

Popular Posts

Copyright © >> crazytravelmate.blogspot.com- Powered by Blogger